EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DANWAKTU TUNGGU RESEP PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI PUSKESMAS NATAI PELINGKAU PANGKALAN BUN 2024

Firdana, Nadia (2024) EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DANWAKTU TUNGGU RESEP PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI PUSKESMAS NATAI PELINGKAU PANGKALAN BUN 2024. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BORNEO CENDEKIA MEDIKA PANGKALAN BUN.

[thumbnail of 201210012_BAB I_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
201210012_BAB I_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)
[thumbnail of 201210012_BAB II_S.D_BAB V.pdf] Text
201210012_BAB II_S.D_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of 201210012_ nadia firdana _ EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN WAKTU TUNGGU RESEP PASIEN BPJS DA~1.pdf] Text
201210012_ nadia firdana _ EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN WAKTU TUNGGU RESEP PASIEN BPJS DA~1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Pendahuluan: Kualitas pelayanan kesehatan tidak terlepas dari tingkat kepuasan pasien atau masyarakat di wilayah kerjanya. Pelayanan publik dalam bidang kesehatan yang memiliki kualitas baik dapat membantu meningkatkan kepuasan pasien yang menjadi tolak ukur keberhasilan mutu pelayanan sebuah fasilitas kesehatan. Cara lainnya yang dapat menjadi tolak ukur dalam kualitas pelayanan yaitu waktu tunggu resep. Tujuan: Menganalisis hubungan antara pelayanan kefarmasian dan waktu tunggu resep terhadap tingkat kepuasan responden di Puskesmas Natai Pelingkau Pangkalan Bun. Metode: Penelitian kuantitatif jenis survei analitik desain cross sectional. Sampel sebanyak 100 pasien rawat jalan yang berkunjung di Puskesmas Natai Pelingkau Pangkalan Bun. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil: Ada hubungan antara pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pada pasien BPJS (p = 0,008) dan pasien umum (p = 0,000) di Puskesmas Natai Pelingkau Pangkalan Bun. Ada hubungan antara waktu tunggu resep terhadap tingkat kepuasan pada pasien BPJS (p = 0,045) dan pasien umum (p = 0,005) di Puskesmas Natai Pelingkau Pangkalan Bun. Simpulan: Ada hubungan pelayanan kefarmasian dan waktu tunggu resep terhadap tingkat kepuasan pada Pasien BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Natai Pelingkau Pangkalan Bun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pelayanan kefarmasian, tingkat kepuasan, waktu tunggu resep
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: S1 Farmasi
Depositing User: Stikes Borneo Cendekia Medika
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:05
Last Modified: 02 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item