Rahmi, Aulia (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DIPUSKESMAS KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2021. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BORNEO CENDEKIA MEDIKA PANGKALAN BUN.
Text
SKRIPSI AULIA RAHMI S1 FARMASI 2017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Pendahuluan : Penelitian ini betujuan untuk melihat tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarnasian dipuskesmas kumai kabupaten kotawaringin barat tahun 2021. Metode : Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif, Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 83 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diambil dipuskesmas kumai kabupaten kotawaringin barat. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuisioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan Realibilasnya. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa Gap ( selisih) antara harapan pasien dan kepuasan pasien pada dimensi Sarana Fisik (Tangible) didapatkan gap sebesar (-0,26), pada dimensi Kehandalan (Reability) didapatkan Gap sebesar (-0,27), pada dimensi daya tanggap (Responsivennes) didapatkan Gap sebesar (-0,23), pada dimensi jaminan (Assurance) didapatkan Gap sebesar (-0,35), dan pada dimensi Empati (Emphaty) didapatkan Gap sebesar (-0,21). Berdasarkan hasil Gap harapan pasien sangat tinggi dibandingkan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan : berdasarkan hasil terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kumai Kotawaringin Barat Tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | S1 Farmasi |
Depositing User: | Stikes Borneo Cendekia Medika |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:25 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:30 |
URI: | http://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/200 |
Actions (login required)
View Item |