PENGARUH TERAPI OKUPASI TERHADAP STRES PADA LANSIA (Studi di Desa Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang)

Salam, Abdus and Ike S, Hindyah and Purnamaningsih, Sumatri Endah (2019) PENGARUH TERAPI OKUPASI TERHADAP STRES PADA LANSIA (Studi di Desa Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). PENGARUH TERAPI OKUPASI TERHADAP STRES PADA LANSIA, 1 (1). pp. 48-55. ISSN 25491822

[img] Text
7. jurnal Abdus salam.pdf

Download (203kB)

Abstract

Lansia yang mengalami stress dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi fisiknya. Keluhan yang sering dirasakan pada orang yang mengalami stress adalah pemarah, pemurung, cemas, gelisah, sedih, depresi, pesimis, menangis, mood atau suasana hati sering berubah-ubah, harga diri menurun atau merasa tidak aman, mudah tersinggung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa Pengaruh terapi okupasi terhadap stress pada lansia. Desain penelitian ini adalah pra eksperimen one group pre test post test desaign. Populasinya semualansia di Desa Balong besuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang yang berjumlah 70 orang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampel berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon = 0,05. Hasil penelitian sebagian besar stress pada lansia sebelum terapi okupasi adalah sedang sejumlah 11 responden (55%), sebagian besar tingkat stress pada lansia sesudah terapi okupasi adalah ringan sejumlah 14 responden (70%). Uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi p= 0,000 < (0,05), sehingga H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh terapi okupasi terhadap stres pada lansia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lansia, Stres, Terapi okupasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Keperawatan
Depositing User: Stikes Borneo Cendekia Medika
Date Deposited: 15 Feb 2020 04:50
Last Modified: 15 Feb 2020 04:50
URI: http://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item