Prosiding Semina Nasional MIPA 2016 "Peranan MIPA dan Pendidikan yang Inovatif dan Bermuatan Kerifan Lokal dalam Merperkuat Jati Diri dan Daya Saing"

Damayasa, Jero Budi (2016) Prosiding Semina Nasional MIPA 2016 "Peranan MIPA dan Pendidikan yang Inovatif dan Bermuatan Kerifan Lokal dalam Merperkuat Jati Diri dan Daya Saing". In: Seminar Nasional MIPA 2016.

[img] Text
prosiding part 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
prosiding part 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
prosiding part 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asta Kosala Kosali merupakan gabungan dari Asta Kosala dan Asta Kosali. Asta Kosala adalah nama Lontar/Buku tentang ukuran membuat menara atau bangunan tinggi, wadah, bade, usungan mayat. Sedangkan, Asta Kosali adalah nama Lontar/Buku tentang ukuran membuat rumah. Terdapat berbagai macam konsep matematika yang termuat dalam ajaran tersebut, baik matematika sekolah ataupun matematika lanjut. Ajaran yang termuat dalam Asta Kosala Kosali melekat dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Bali, baik Bali Mula maupun Bali pada umumnya. Ajaran tersebut sangat banyak diterapkan dalam bidang perumahan dan sistem religi. Oleh karena itu, ajaran yang temuat dalam Asta Kosala kosali termasuk dalam kajian antropologi budaya. Ukuran-ukuran yang dipakai dalam ajaran Asta Kosala Kosali menggunakan ukuran yang ada pada bagian-bagian tubuh manusia, seperti depa, cengkang, tampak, dan lain sebagainya. Memperhatikan kemajuan teknologi saat ini, maka ukuran tersebut dapat dimodelkan menggunakan pemodelan matematika. Ketika suatu ajaran dalam Asta Kosala Kosali dipandang sebagai irisan dari bidang ilmu antropologi budaya dan matematika dan pemodelan matematika maka ajaran itu disebut dengan Ethnomathematics. Setelah dilakukan eksplorasi, beberapa Ethnomathematics dalam ajaran yang termuat dalam Asta Kosala-kosali diantaranya tentang ukuran saka (pilar) yang berkatian dengan konsep regresi linier berganda atau fungsi linier, ukuran pekarangan rumah yang berkaitan dengan konsep perkalian dan bentuk persegi panjang, banyaknya likah atau banyaknya Iga-iga yang berkaitan dengan konsep modulo, serta ukuran-ukuran pada Saka (pilar) yang berkaitan dengan pecahan dan diagonal. Sebagai bagian dari pelestarian budaya dan pengembangan pendidikan matematika, sangat memungkinkan untuk memilah dan memetakan Ethnomathematics yang telah dieksplorasi kedalam konsep matematika sekolah dan dilanjutkan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat memperkaya khasanah pendidikan matematika di Indonesia dan dunia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Uncontrolled Keywords: Ethnomathematics, Asta Kosala Kosali, Budaya, Matematika Sekolah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Stikes Borneo Cendekia Medika
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:24
Last Modified: 02 Nov 2020 04:32
URI: http://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item