PROFIL PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN ISPA DEWASA BAGIAN ATAS DI KLINIK HASANUDIN PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH PERIODE JANUARI-JUNI 2021

Syadilarama, Aldi (2021) PROFIL PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN ISPA DEWASA BAGIAN ATAS DI KLINIK HASANUDIN PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH PERIODE JANUARI-JUNI 2021. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BORNEO CENDEKIA MEDIKA PANGKALAN BUN.

[img] Text
SKRIPSI ALDI SYADILARAMA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : ISPA adalah penyakit saluran pernafasan yang menyerang organ saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah yang dimulai dari hidung sampai kantong paru (alveoli). Metode : Penelitian deskriptif yang menggunakan metode observasi secara retrospektif yang di lakukan terhadap data lampau yaitu melalui rekam medis pasien ISPA dewasa bagian atas. Hasil : Penelitian ini menunjukkan hasil persentase berdasarkan jenis kelamin didapatkan jumlah penderita terbanyak 154 pasien (58%) berjenis kelamin lakilaki dan jumlah usia terbanyak didapatkan 125 pasien (47%) dengan rentan usia 26-35 tahun. Berdasarkan jenis ISPA atas terbanyak Faringitis yaitu sebanyak 125 pasien (47%). Penggunaan antibiotik pada pasien ISPA dewasa bagian atas dari pemberian antibiotik yangsering digunakan yaitu amoxicilin golongan ├člaktam (3x1 500 mg) per oral pada 130 pasien (49%), cefadroxil 60 orang (23%), ciprofloxacin 25 orang (9%), dan cefixime 50 orang (19%). Kesimpulan : Pasien laki-laki lebih banyak dari pada perempuan yang terkena ISPA. Penyakit ISPA banyak menyerang dewasa awal usia 26-35 tahun. Jenis ISPA yang menyerang paling banyak adalah faringitis. Penggunaan amoxicilin merupakan penggunaan terbanyak yang diberikan sebanyak 130 pasien (49%). Dari ke empat jenis ISPA atas antibiotik yang terbanyak diberikan yaitu amoxicilin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: S1 Farmasi
Depositing User: Stikes Borneo Cendekia Medika
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:38
Last Modified: 22 Jul 2022 01:38
URI: http://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item